Ass.
Allah berfirman: “Sesungguhanya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang2 yang mensucikan diri”. (QS. Al-Baqarah: 222)

Ilmu penmgetahuan modern menetapkan bahwa wudlu mampu meminamalisir timbulnya virus-virus kanker, yang disebabkan oleh faktor2 proses kimia.Sebab dengan wudlu orang bisa terhindar dari terjangkitnya unsur kimiawi sebelum terjadinya akresi (gabungan unsur yang terpisah) yang menimbulkan infiltrasi (proses pembebasan) dari kulit luar ke dalam tubuh. Misalnya pekerja yang selalu berkecimpung mengenai perminyakan yang mengandung unsur2 kimiawi, maka sebagian besar mereka mengidap penyakit kanker kulit. Adapu kiat untuk menjaga agar tidak terjangkit penyakit itu, mereka harus menjauhkan diri dari unsur2 kimia dari kulit luar. Apalagi pada daerah organ tubuh yang sensitif terkontaminasi unsur kimia. Dari sinilah tampak hikmah wudlu dari firman Allah:

“Hai orang2 yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku. Sapulah kepalamu, dan (basuh) kakimu sampai kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah”. (Al-Maidah: 6)

Berwudlu 5 kali dalm sehari bisa menjamin lenyapnya unsur2 kimia dari kulit luar. Juga sekaligus mampu mencegah terjadinya akresi dari apa2 yang memperlambat atas sel2 kulit yang membutuhkan waktu cukup lama untuk memperbaharui perubahan2 kanker. Pancaran sinar matahari, lebih2 pantulan sinar ultraviolet, memiliki pengaruh yang sangat efektif dalam menciptkan kanker kulit. Namun, sinar yang berpotensi besar menimbulkan kanker kulit itu, hanya akan menimpa pada organ2 tubuh bagian luar. Dengan berulangkalinya orang berwudlu, maka kulit luar bisa terjamin selalu basah. Karenanya sel2 lapisan dalam kulit bisa terlindungi dari sengatan sinar matahari yang membahayakan. Dari pantauan data statistik diketahui bahwa kanker kulit dengan berbagai macam variasinya, lebih sering menimpa kamum pria dalam pergumulan masyarakat Barat, AS dan Australia. Pasalnya meraka bukan negara muslim. Juga faktor suhu panas yang sangat menyengat di negara2 tersebut. Fakta ini mempertegas sisi positif pengaruh wudlu, yang seperti senjata penjaga bagi seorang muslim dari kejamnya penyakit kanker. Salah seorang pakar kedokteran dalam wacana pengobatan preventif di Universitas Kairo, Dr. Abdul Wahid, berkata: “Kulit bisa memberi fungsi yang amat signifikan bagi tubuh manusia, yakni berfungsi sebagai jalan pengeluaran keringat yang mengandung unsur2 lemak dan kadar garam. Jika terjadi penguapan dalam tubuh, maka akan menyisahkan kadar garam dan akan terjadi akresi atas kulit serta pori2 kelenjar keringat menjadi tertutup karena tersendatnya pengeluaran keringat yang tidak normal. Sementara itu, adanya kotoran2 di atas kulit akan menambah tumbuh suburnya penyakit2 kulit. Dari uraian di atas, menunjukkan pentingnya wudlu dengan membasuh muka, kedua tangan, berkumur (membersihkan mulut) serta organ2 tubuh luar lainnya, guna menghindari diri dari kotoran dan debu.”

Berdasarkan penemuan medis mutakhir, wudlu memilki dampak yang sangat baik dalam menjaga sakit gigi dan gusi. Menggosok gigi dan berkumur denagan air adalah hal yang amat penting. Bahkan seringkali dokter memberi resep seperti itu. Hal ini berfaedah untuk menjauhkan diri penyakit yang terjadi melalui alat pernafasan , seperti radang selaput dan juga penyakit2 melalui saluran pernafasan. Uraian di atas hanyalah beberapa poin faedah wudlu dalam perspektif pengetahuan modern.

Semoga bermanfaat
Wass.

0 comments:

 
Template by: Abdul Munir | Blog Layout4all